Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interview With Mayaza Jusivaliantdri (Sasha) "The Lady Djent Metal"



M1 : Hallo mbsk Sasha, gimana nich kabarnya, salam kenal dari kami MIANYDOIRE!
Sasha :  Haii Mianydoire,, Alhamdulillah kabar baik,,

M2 : Gimana nich awal mula ketertarikan kamu sama musik Djent Metal?
Sasha : Dulu pertama suka dengerinnya Veil of Maya. terus searching lagu-lagunya di youtube, sama baca-baca resume tentang bandnya. Veil of Maya ternyata diproduserin sama Misha Mansoor (Periphery) nah, saya pikir Misha gitaris perempuan, jadi saya search Misha 'Bulb' Mansoor ini siapa sih? keren banget produserin band seperti Veil of Maya dan ternyata Misha adalah laki-laki.
kemudian saya coba dengar bandnya Misha, Periphery, dan langsung suka, karena memang dari awal saya suka banget musik musik yang progressive. Tapi pada saat itu saya masih belum tau apa itu Djent band..

M3 :Sejak kapan kamu mulai menekuni musik Djent Metal?
Sasha :  Dengerinnya sih sudah dari 2010, tapi kalau nyoba mulai maininnya terbilang masih baru banget kok, sekitar awal tahun 2012 ini

M4 : .Okay, tolong ceritakan sedikit deskripsi tentang Djent Metal menurut pandangan kamu?
Sasha :  berdasarkan forum di Got Djent.com, yang pertama menemukan istilah Djent itu Fredrik Thordendal dari Meshuggah, secara garis besar Djent itu semacam istilah untuk tone distorsi gitar yang tebal, dan biasanya dimainkan dengan teknik palm muted, dan terdengar sangat 'metal' sehingga menghasilkan bunyi "djeeeentdjentdjent........." (semacam onomatopei dari suara gitar menurut Misha).
Tapi yang selama ini banyak saya dengar dari lagu-lagu Djent sendiri macam-macam... ada yang ambient, progressive, jazzy, groove, technical, experimental, dan lainnya... sifatnya Universal sekali, dan kalau lihat di THE DJENT-LEMEN'S CLUB, itu ada banyak sekali list Djent band dari A-Z.

M5 :  Okay, untuk jenis gitar kamu pakai jenis apa untuk bermain Djent Metal?
Sasha kebetulan gitar saya Custom 7 string. Untuk pemain Djent memang jarang yang hanya memakai 6 string guitar. rata-rata sebagian besar mereka menggunakan 7, 8, bahkan 9 string guitar dengan scale length diatas 24" biasanya untuk mendapatkan ketebalan distorsi yang pas.

M6 :  Untuk Djent Metal sendiri mempunyai ciri khas yang gimana sich?
Sashauntuk gitarnya riff-riff dan lick gitarnya unik banget, ketukan ketukan yang 'patah-patah' bahkan beberapa terdengar agak aneh. chord chord apa saja yang dimainkan? well saya cuma bisa bilang "trust your ear" Djent is all about unique and different.
Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa mewakili bahwa 'musik ini Djenty sekali', yaitu selain dari riff-riff gitarnya, yang sangat mempengaruhi Djent adalah pattern drumnya yang banyak memainkan groove, syncopated beat, dan polyrhythmic pattern.

M7 :  Apakah ada teknik teknik khusus yang harus dikuasai untuk bermain Djent Metal?
Sasha :  untuk teknik, cukup hard picking, 'chug', oh dan jangan lupa untuk selalu setting tuning gitarmu serendah-rendahnya seperti di drop C, B atau A.

M8 :  Siapakah Musisi luar yang berpengaruh buat kamu?
Sasha :  waduuuuh, Banyak sekali, gitaris favorit saya itu Misha Mansoor (Periphery), Tosin Abasi (Animals as Leaders) Piotrek Gruszka (Gru) dan Aaron Marshall (Intervals).

M9 :  Adakah niat membuat band Djent Metal dan berkarya sampai merilis album?
Sasha :  Ada dong pasti, sedang proses bikin album Djent Instrumental ditunggu yah

M10 :  Gimana pandangan kamu dengan perkembangan musik Djent Metal di Indonesia?
Sasha Belum begitu luas, (sebarkan dong) mungkin yang tahu juga hanya di beberapa kalangan saja, mungkin tidak terlalu banyak yang mau coba karena Djent cukup rumit terutama tempo temponya, kalau kata salah satu teman saya yang drummer "musik Djent ketukannya bikin mikir".

M11 :  okay, Apa harapan kamu kedepannya dengan musik Djent Metal?
Sasha :  1 kata deh..... LESTARIKAN (unik soalnya)

M12 :  Apa kesibukan kamu diluar bermain musik?
Sasha : Jaga keponakan saya yang masih 9 bulan di rumah

M13 :  Sebutkan kalimat terakhir untuk Mianydoire?
SashaMianydoire \m/ keep Djent dude!

M14 :  Okay, terima kasih sudah menjawab semua interview kami!
SashaOke sama-sama Mianydoire, sukses selalu