Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RESTLESS siap meluncurkan album baru "Andalusia"




Andalusia, sebuah kota indah dengan peradaban tinggi di zamannya. Tinta emas telah tertulis pada kertas sejarah bahwa puncak kejayaan Islam berada di atas daratan Eropa yang pada masa itu sedang mengalami masa kegelapan dan menjadi terang karena hadirnya nafas-nafas keagamaan sehingga membentuk kehidupan masyarakat yang mengagumkan. Sebuah sejarah yang harus diungkapkan kembali hingga menjadikannya teladan bagi kehidupan kita.
Mengapa Restless memilih Andalusia sebagai judul album terbarunya? Hal ini tidak lain adalah untuk mengingat (remembering) bagi kita umat Muslim bahwa di Eropa khususnya di Kota Sevilla, Spanyol, Islam pernah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sana. Begitu pun dengan Restless yang mengharapkan ada perubahan dalam konsep bermusiknya dengan mengedepankan nafas religi meskipun tidak menghilangkan ciri khas bermusik Restless itu sendiri. 

Penggarapan album ini dimulai pada pertengahan 2012 lalu, mulai dari pengumpulan materi, data-data penunjang sejarah, seperti buku-buku sejarah Islam dan film-film kolosal bernafaskan Islam. Oleh karena itu, Sulaeman, Eko Dewo, dan Raga Dipa sepakat untuk memulai penggarapan album baru dengan tema kolosal sejarah kejayaan Islam dengan konsep musikal metal okestra.
Tepatnya di penghujung Tahun 2012, akhirnya bahan materi album baru telah siap masuk dapur rekaman. Proses recording-nya pun dilakukan di Studio Chamber milik Eko Dewo. Bahkan, Di tengah-tengah proses take vokal muncul ide-ide baru untuk menampilkan featuring male growl vocal, maka terpilihlah Pardjo Saffar dalam lagu “Saladin”, The Buck Mesin Tempur dalam lagu “Yarmuk”, dan Bobby Bobrock dalam lagu “Jika Waktuku”. 

Proses recording ini sendiri memakan waktu empat bulan yang selesai di akhir Bulan Maret. Proses mixing dan mastering dipercayakan kepada Oteng Zoteng Forgotten yang memang sudah menggarap lagu Restless di album-album sebelumnya. 


Judul lagu di album Andalusia:
Bentangan Sunyi
Jika Waktuku
Langit tak Berbatas PART I
Langit tak Berbatas PART II
Yarmuk PART I
Yarmuk PART II
Singa Padang Pasir
Saladin PART I
Saladin PART II
Andalusia
Sang Penakluk Malam

Ada rasa terharu dan bangga ketika proses penggarapan album ini telah rampung diselesaikan.  Yang membuat kita sedih karena gitaris Restless yakni Dani Ramadina (Drummer Dismember Torture) memutuskan untuk beristirahat dari album Restless Andalusia dikarenakan kesibukannya untuk membesarkan Dismember Torture serta memfokuskan pada usaha yang sedang digelutinya. Dan, akhirnya penggarapan album “Adalusia” ini dikerjakan tanpa melibatkan Dani. But, the show must go on ...

Restless “Andalusia”:
Executive Produced by Prapatan Rebel | Produced by Restless
Mixed & Mastering by Zoteng Forgotten | Recorded at Chamber Studio (Jan-Mar 2013)
Engineered by Eko Dewo & Hari HVSH | All Music and Lyrics Written by Restless
Tracking Fill Drums by Yeru Heru Mahendra | Strings Orch. by Raga Dipa
Additional Vocal on Saladin by Pardjo Saffar & Hari HVSV | Naration by Raga Dipa
Additional Vocal on Yarmuk by Buck The Butcher
Additional Vocal on Jika Waktuku by Bobby Bobrock
Cover & Logo Concept by Sulaeman | Cover Artwork by Jonrinz Art |Cover Photograhy by Eki Tessar

Restless are:
sulaeman | dani ramadhani | eko dewo |ragadipa | abetless | sofa al marwah
aaz asmie (add. guitar on stage)

 Restless Discography:
1.    Single Album, Embun Suci (Independent Rebel, Aquarius 1995)
2.    Mini Album, Bentangan Sunyi (Pieces Prod. 1997)
3.    Mini Album, Shadow of Black (Pieces Prod. 2002)
4.    Full Album, Hariku Lebih Hitam dari Gelapnya Malam (True Lies Prod. 2007)
5.    Single, Sang Pemberi Cahaya (Gothika & extend studio, Desember 2010)
6.    Single, Bila Waktu (Opick Cover) (Gothika & extend studio, Februari 2011)
7.   Full Album, Andalusia (PR + Injustice + Chamber Music Studio, Mei 2013)