Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Interview with Dai★shi



M1 : 1.Hallo kaka-kaka Daishi, gimana nich kabarnya sekarang?
Daishi :
Dowe: Alhamdulillah baik
Hime: Super great sekaligus thrilled karena lagi menanti kelahiran anak pertama :D
Kira: halooo., baik-baik!
Roku: Doin’ great here :D





M2 :Tolong ceritakan sedikit sejarah kalian dari awal terbentuk hingga saat ini!
Daishi : Dimulai di tahun 2006, Kira memulai project duo yang dinamakan The Sugoiis. Roku, Hime, dan Aswan direkrut sebagai additional member untuk posisi additional Drummer, Backing Vokal, dan Keyboardist. Setelah project ini selesai, kami menyadari adanya kesamaan dalam Visi dan Hasrat bermusik. Saat itulah kami memutuskan untuk membentuk sebuah Band, dan lahirlah DAISHI. Dowe kemudian masuk sebagai member tetap di posisi gitaris. Sempat beberapa kali terjadi perubahan formasi, hingga akhirnya DAISHI bertahan dengan formasi seperti sekarang ini.

M3 : Okay, dibalik nama Daishi, apa sich maknanya?
Daishi : DAISHI terdiri dari dua suku kata, ‘DAI’ berarti ‘besar’ dan ‘SHI’ berarti ‘empat’. Secara sederhana, DAISHI dapat diartikan sebagai ‘The Big Four’. Menurut referensi yang kami dapat, dalam bahasa Jepang DAISHI dapat diartikan sebagai ‘Master of Religion’. Oleh karena itu, kami berharap suatu saat dapat menjadi ‘Master of Music’ dengan karya-karya yang kami ciptakan. Kami menambahkan gambar bintang pada logo kami, sekedar untuk membedakannya dari yang lain.
 
M4 : Silahkan diperkenalkan personil Daishi saat ini!
Daishi :

Roku: Drums
Hime: Vokal
Kira: Bass & Sampling
Dowe: Gitar


M5 : Sampai saat ini sudah merilis berapa EP/Full album?
1.       Daishi : Sampai sekarang kita baru rilis satu EP di thn 2010. Full album masih dalam penggarapan.

M6 : Tolong dunk jelaskan konsep musik yang kalian mainkan di Daishi?

1.       Daishi : konsepnya basically Modern Rock, ada sentuhan electronicnya. Simplenya: Rocktronic




 
7    M7 :Lagu "Ragnarock" dan "Miraculous" menceritakan soal apa sich?
1       Daishi : Ragnarock menceritakan tentang hidup manusia yang sangat fana dan betapa seringnya kita melupakan hal itu.
Miraculous meng-encourage pendengarnya untuk berimajinasi/berfantasi sekaligus menyemangati untuk menggapai impian.


M8.Kapan nich Daishi ngeluarin album baru?
1       Daishi : Tahun 2014, rencananya. Konsep lagu & album perlu dimatangkan ulang karena kita masih sering gonta-ganti format band.

M9 : Okay, ceritakan sedikit pengalaman kalian waktu manggung, mana daerah yang paling jauh yang pernah kalian datangi!

1.       Daishi : Kalo pengalaman berdasarkan daerah sih paling jauh baru Bandung, pernah ada request manggung di Eropa Timur waktu tahun 2010 setelah Dai*Shi ngeluarin EP pertama, tapi berat diongkosnya , belum ada sponsor juga, jadi ga jadi deh.. oh ya waktu rilis Rock4Life vol.18 juga sempet diundang untuk main di launching eventnya di baltimore US, tapi ya gitu kendala band indie yang masih pake modal sendiri.. akhirnya kita mutusin ga ikutan.

M10 : Adakah harapan main bareng band luar, kalo ada siapa bandnya?




1.       Daishi : Hime: Ada banget. Kalau versi gue: Flyleaf, The Slot (dari Rusia), dan Lacuna Coil.

Kira: Pengen bisa se-panggung bareng Luna Sea, Olivia Lufkin, Bring Me the Horizon, Enter Shikari, MUCC, dll., tapi lebih pengen bisa kolaborasi sekalian sama Sugizo, Skrillex, Zedd, Oliver Skyes, Tatsurou, dsb XD

Roku: untuk musisi lokal, gue kepengen bisa sepanggung sama /rif. Kalo band luar gue kepengen banget bisa bareng Metallica.
      M11 : Okay, apa suka duka kalian saat manggung?

1.     Dowe: Sukanya kalo yang nonton banyak terus kita bisa menghibur mereka semua

Hime: Sukanya banyak banget, terutama bisa mengekspresikan lagu karya sendiri dan menghibur audience. Dukanya paling kalau sound tidak memuaskan, atau ada kesalahan teknis yang agak-agak konyol


Kira: Suka-nya banyak banget, manggung itu bliss banget lah. tapi duka-nya kalo banyak kendala teknis pas di panggung


Roku: sukanya, pastinya saat liat penonton terhibur dengan musik yang kita bawain. Dukanya, kalo kita gak bisa enjoy manggung karena kendala2 teknis yang terjadi di panggung.
 
      M12 : Sip, apa kesibukan kalian diluar musik?

1.       Dowe: Karyawan BUMN

Hime: Sekarang lagi belajar jadi newbie mommy, wirausaha, penulis lepas, sekaligus siap-siap untuk buka klinik praktik dokter hewan :D.

Kira: Kesibukan di luar musik? banyak! kerja, bisnis dan ternak kelinci :D

Roku: staf marketing di perusahaan swasta, freelance fotografer juga.

M13 : Apa pendapat kalian soal Media Online? Seberapa pentingkah menurut kalian!
D     Dowe: media online sangat penting untuk pemusik sebagai sarana mempromosikan band itu sendiri dan Lagu-lagu mereka

Hime: Media online sangaat sangaat penting karena berkaitan erat dengan perjalanan karier suatu band. Kasarnya, kalau band X = 'media online darling', pasti perjalanan kariernya bisa lebih mulus. Bisa juga dibilang bahwa media online & band itu membentuk suatu simbiosis mutualisme.. :)

Kira: Media online itu penting banget! terutama buat musisi indie. Media online itu sarana paling mudah dan murah untuk promosi, selain itu bisa dapet informasi, inspirasi dsb dll dst Media Online Rocks bgt lah! 8D

Roku: Perlu & penting banget. Karena media online itu jangkauannya bisa lebih jauh daripada sekedar media cetak atau layar kaca. Siapapun bisa akses, dan nyaris tanpa batas. Dari sisi biaya juga relatif lebih murah dibanding media offline.  Makanya, perkembangan media online juga harus ditingkatkan seiring dengan musisi-musisi Indie yang berkecimpung didalamnya.

M14 : Apa pandangan kalian soal perkembangan musik Rock di Indonesia saat ini?
        Dowe: Perkembangannya musik rock di Indonesia sebenarnya tinggi namun banyak band2 rock Indonesia yang tidak muncul ke permukaan atau hanya sedikit saja yang muncuL ke permukaan (di negaranya sendiri), ya karena musik rock di Indonesia bukan salah satu musik yang popuLer, tapi tidak sedikit juga band-band rock indonesia yang justru dikenal di luar Indonesia.

Hime: Perkembangannya pesat banget, terutama karena sekarang sudah gampang kalau ingin publikasi karya. Genrenya pun makin beragam & masing-masing punya keunikan sendiri. Sekarang tinggal bagaimana penikmat musik Indonesia mau memberikan apresiasi positif saja.

Kira: Rock di Indonesia sejauh ini ok, setidaknya Rock ga jadi "anak tiri" di dunia musik indonesia. Sudah banyak acara-acara besar yang bertemakan Rock, tapi gue masih berharap Rock Indonesia bisa berjaya lagi di mata internasional kayak jaman dulu.

Roku: Potensi & perkembangan musik Rock di Indonesia sebetulnya tinggi. Sayang, industri musik di Indonesia sepertinya masih cenderung ke musik yang relatif lebih easy listening, misalnya secara sound gak terlalu main distorsi atau hentakan yang keras, yang akhirnya membuat orang gak ngerti tentang musik rock itu sendiri. Akhirnya, banyak musisi rock potensial dari negeri ini malah hengkang ke luar negeri, karena mereka disana merasa lebih dihargai dan musiknya lebih bisa diterima.

M15 : Apa harapan kalian untuk kedepannya?
1.       Dowe: Harapannya Daishi bisa tetep eksis berada di jalur musik yg sekarang ini

Hime: Harapannya ingin terus bisa menciptakan karya yang orisinal & unik. Juga pengen bisa jd musisi pro.


Kira: Harapan kedepan bisa terus berkarya, tatap eksis di scene rock indo, bisa go internasional dan yang palingng deket cepat beres full albumnya biar bisa rilis. aamiiin!


Roku: Harapannya, kalo dari kita sendiri ingin bisa menciptakan lagu-lagu yang lebih menarik, unik, dan bisa tetep eksis dengan musik yang kita mainkan. Harapan dari luar, semoga orang-orang (terutama di Indonesia sendiri) lebih bisa menerima dan menikmati musik Rock.

     M16 : Adakah pesan untuk sesama Musisi!

        Dowe :  Tetap berkarya untuk menghasilkan musik2 yang berkuaLitas, beLajar dan
terus beLajar, terutama untuk kami sendiri DAISHI.

Hime: Orisinalitas itu penting, jangan cuma bisa jadi plagiaris musik luar negeri. Yakinlah akan kualitas karya kita sendiri.

Kira: Keep support and respect. oh ya, ini sebenernya pesan dari salah seorang musisi yang gue kagumi, gue setuju banget dan gue rasa harus meng-quote kata2 dia sebagai pesan untuk sesama musisi:
"Just never stop, eventually people will start to recognize your work and start appreciate your effort. Be humble to every musician/band you meet. If you play a gig with some support acts I always try to watch them all and also tell them how great they were. Even if they sucked I will still tell them they did a great job, for them that means a lot and will boost their confidence. Too many bands and band members are stuck up egocentric people, IT’S NOT A F**KING COMPETITION!!!"

Roku: Masih lebih baik kalian dikritik keras oleh teman sendiri, daripada dicaci maki didepan panggung oleh orang-orang yang gak kalian kenal. Karena yang namanya teman, apalagi sesama musisi itu niatnya baik, memperhatikan kalian, dan ingin supaya kalian juga berubah menjadi lebih baik kedepannya. Saling mendukung satu sama lain, dan tetep jaga persahabatan.

 
M17 : Sebutkan kalimat terakhir buat MIANYDOIRE!
1.       Daishi : Mianydoire keren bangget! Thanx udah supporting band2 rock & metal pribumi. Lanjutkan perjuanganmu! KEEP ROCKIN' MIANYDOIRE!!! \m/

M18 : Okay, thanks
Daishi : You're welcome